Selasa, 27 April 2010

Motivasi yang tak pernah luntur...

Aslmkm.....
              Temen-temen mungkin penasaran dgn judul.. pembahasan kita kali ini , sudah banyak buku-buku yang membahas tentang motivasi, dan bagaimana menumbuhkannya.. namun sayang konteks pembahasannya hanya sekedar memburu hal-hal yang sangat sederhana misalnya bagaimana jadi orang sukses, untuk kesehatan, atau untuk hal-hal kecil lainnya, Ma'af jika saya menganggap bahwa kesehatan merupakan hal yang kecil, hal ini tentu perlu di fahami terlebih dahulu dalam konteks pembahasannya. Saya sebagai insan muslim maka seyogianya pembahasan saya melalui pandangan islam... Banyak teman-teman kuliah saya, yang semangat belajarnya menggebu-gebu. Ketika ditanya tujuan dan motivasinya... simple ia menjawab motivasi saya adalah untuk membahagiakan orangtua. Saya setuju dgn motivasi seperti ini, tapi sebagai intelektual kampus masih ada motivasi yang harusnya tertanam dasar di dlm sanubari seorang musllim yaitu motivasi untuk merubah keada'an umat yang sedemikian tertindas.. (motivasi ruhiyah) . Motivasi seperti ini sanngat dahsyat efeknya sebab kita tidak hanya membahagiakan orang tua tetapi juga Allah dan umat muslim tentunnya.. 
         Saya punya kenalan wanita yang baik, rajin, dan sopan tapi sayang ia tak berjilbab.. ketika di tanya apa motivasi belajar anda ..?  dia menjawab, saya belajar agar untuk membahagiakan ibu saya... Spontan saya tanya lagi, apakah ibu  anda tidak bahagia jika anda menggunakan jilbab..?  sejenak ia termenung lalu menjawab, ya tentu ibu saya pasti senang.. . Lantas mengapa anda tidak menggunakan jilbab, padahal ibu anda bahagia jika anda menggunakan jilbab ? bukannya tujuan anda adalah membahagiakan ibu?  ..
Sahabat yang budiman dari cuplikan cerita di atas kita dapat mengetahui bahwa sesungguhnya banyak pelajar yang mengatasnamakan motivasi mereka dgn orang tua, padahal banyak cara untuk membahagiakan orang tua..termaksud dgn cara menunjukkan pribadi yang islami.. Kembali ke permasalahan... Motivasi yang dilandaskan pada hal-hal yang tidak kekal pasti akan rapuh... misalnya motivasi ortu, kaya, sukses, dll... Maka motivasi yang saya tawarkan ke anda yaitu Motivasi karena ALLAH... sebab islam telah mewajibkan bagi setiap hamba untuk menuntut ilmu, dgn motivasi seperti ini kita akan selalu istiQomah dalam menuntut ilmu.. selain itu kita pun mendapankan derajat yang tinggi di mata ALLA SWT.. Dan insya ALLAH dengan niat yang benar, serta motivasi yang luhur kita akan mrnjadi Agen of change... bagi umat yang tertindas ini...

2 komentar: